Konfersi Tekla Model ke PDS

Ini merupakan tulisan ringkas saja, yang ingin mengambarkan konfersi model tekla ke PDS atau frame works plus. Konversi model dari tekla structure ke PDS dapat dicapai dengan 2 cara yaitu dengan raster/vector file atau dengan menggunakan dgn file.

Untuk konfersi model dgn file, hasil yang didapat dalam pds tidak dalam bentuk intelligent object atau hanya seperti block object dan berguna untuk object-object yang curve atau bukan vector, sedangkan raster /vector file lebih berguna dikarenakan object yang dihasilkan dalam bentuk intelligent object sehingga informasi seperti profile size, panjang, berat dan material gradenya dapat diketahui (tidak hilang).

Sangat jarang sebuah perusahaan menggunakan tekla-structure sebagai alat untuk design development, tetapi menurut hemat saya, proses ini dapat meminimalisasi kesalahan dan interference yang mungkin terjadi setelah proses approval dari client ataupun RFI dari fabricator. Hal lain yang dapat membantu adalah kita dapat memasukan object dgn dari pds ke dalam tekla-structure work spase seperti piping layout dan equipment. Hal ini sangat berguna dalam tahap initial pemodelan konfigurasi structure nya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: