3D Engineering

Pertama kali mendengar bahwasanya tekla structure sebagai pusat atau core sebuah proses engineering di sebuah perusahan besar di bidang EPC, mungkin agak gak percaya dikarenakan sebelumnya teklastructure end usernya adalah designer dan fabricator saja. Tetapi setelah melakukan training di negeri sakura dan pengalaman di beberapa project eksekusi, Ternyata dengan konsep seperti ini hasil akhirnya lebih efisien dikarenakan semua terintegrasi dengan baik antara design konsep, structure konfigurasi, structural analysis, ektraksi gambar engineering, interference checking, material take off dan terakhir adalah structural model untuk keperluan fabrikasi.

image

Walaupun begitu masih banyak hal yang harus diperbaiki sepertiĀ  program ini tidak begitu cocok untuk pembuatan gambar engineering, dan tidak seamless integration dengan staadpro, walaupun si vendor sendiri menyatakan bahwa dengan sap sudah seamless. Ini seharusnya menjadi RnD lanjutan bagi si vendor. Kenyatannya si vendor menginginkan kita untuk migrasi ke salah satu software terbaru mereka. Sepertinya merubah patern kerja seseorang saja sulit untuk dilakukan apalagi merubah kebiasaan dan standard perusahan besar.

image

Secara garis besar bagan kerja yang ada adalah seperti gambar diatas…dimana Tekla structure merupakan pusat dari kegiatan kegiatan yang dilakukan seperti eksraksi ke tiga program yang dibawahnya…pds, staad, dan autocad ataupun microstation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: