Hinanya Dunia

Dari al-Mustaurid bin Syaddad رضي الله عنه, katanya: “Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda:
Tidaklah dunia ini kalau dibandingkan dengan akhirat, melainkan seperti sesuatu yang seseorang di antara engkau semua menjadikan jarinya masuk dalam air lautan, maka cobalah lihat dengan apa ia kembali – yakni, seberapa banyak air yang melekat di jarinya itu. Jadi dunia itu sangat kecil nilainya dan hanya seperti air yang melekat di jari tadi banyaknya.” (Riwayat Muslim)

Hadist diatas merupakan nasihat Rasulullah صلی الله عليه وسلم kepada kita semua agar tidak berlebihan dan belomba-lomba dalam urusan dunia. Karena dunia tidak dapat dibandingkan dengan akhirat.

Bagaimana kita bandingkan air yang melekat pada tangan dengan banyaknya air pada lautan lepas. Tentunya ini menjadi gambaran yang sangat jelas bagaimana kecilnya dunia dibandingkan akhirat. Janganlah urusan dunia ini melalaikan terhadap urusan kita yang akan dihadapi setelah kematian.

Mulailah dari diri kita dalam memperbaiki diri dengan memperdalami ilmu-ilmu agama yang semakin mendekatkan diri dalam beribadah kepada Allah SWT. Sehingga dengan ilmu-ilmu tersebut kita dapat beramal diatasnya, membedakan mana yang haq dan bathil dan dapat membimbing/menjaga keluarga kita dari api neraka. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: