Semua Sahabat Rosulullah Saw adalah Adil

Al ‘Adalah (keadilan) menurut bahasa adalah lawan dari al Jaur yang berarti kejahatan. Rojulun ‘Adl maksudnya adalah seseorang dikatakan adil yakni sseorang itu diridhoi dan diterima kesaksiannya. (lihat kamus Mukhtarush-Shihah:417).

Sedangkan menurut istilah, sebagaimana yang dituturkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah: “Yang dimaksud adil ialah orang yang mempunyai sifat ketaqwaan dan muru’ah (akhlaq yang baik).” (Nuzhotun Syarh Nukhbatil Fikar:29).

Allah SWT telah menegaskan dalam al-Quran:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُواْ شُهَدَاء عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنتَ عَلَيْهَا إِلاَّ لِنَعْلَمَ مَن يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّن يَنقَلِبُ عَلَى عَقِبَيْهِ وَإِن كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلاَّ عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللّهُ وَمَا كَانَ اللّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ إِنَّ اللّهَ بِالنَّاسِ لَرَؤُوفٌ رَّحِيمٌ

Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan [95] agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.
(al-Baqarah/2:143)

Dalam ayat ini Allah SWT menjadikan mereka sebagai umat pilihan dan umat yang adil dikarenakan mereka adalah umat yang paling utama dan umat yang paling adil dalam perkataan, perbuatan, dan kehendaknya, sehingga mereka berhak menjadi saksi atas manusia. Demikianlah Allah SWT memuji mereka, mengangkat mereka, dan menerima mereka dengan baik.

Mereka mempunyai jasa yang besar bagi Islam dan kaum muslimin. Islam yang diterima oleh kaum muslimin saat ini sampai hari kiamat adalah berkaitan dengan pengorbanan para sahabat yang ikut serta dalam perang badar dan perang-perang lainnya demi tegaknya agama Islam.

Beberapa sifat-sifat sahabat yang disebutkan dalam al-Quran adalah sebagai berikut:

1. Sahabat Rosulullah Saw adalah hamba-hamba Allah SWT yang benar-benar beriman
وَالَّذِينَ آمَنُواْ وَهَاجَرُواْ وَجَاهَدُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ وَالَّذِينَ آوَواْ وَّنَصَرُواْ أُولَـئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَّهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (ni’mat) yang mulia.
(Qs al-Anfal/8:74)

2. Sahabat Rosulullah Saw adalah hamba-hamba Allah SWT yang benar-benar mendapat kemanangan.
الَّذِينَ آمَنُواْ وَهَاجَرُواْ وَجَاهَدُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِندَ اللّهِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
(Qs at-Taubah/9:20)

3. Sahabat Rosulullah Saw adalah hamba-hamba Allah SWT yang bertaqwa.
إِذْ جَعَلَ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي قُلُوبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَأَنزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَى رَسُولِهِ وَعَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَأَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوَى وَكَانُوا أَحَقَّ بِهَا وَأَهْلَهَا وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا
Ketika orang-orang kafir menanamkan dalam hati mereka kesombongan (yaitu) kesombongan jahiliyah lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mu’min dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat-takwa [1405] dan adalah mereka berhak dengan kalimat takwa itu dan patut memilikinya. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Qs al-Fath/48:26)

4. Sahabat Rosulullah Saw adalah hamba-hamba Allah SWT yang benar.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ وَكُونُواْ مَعَ الصَّادِقِينَ
Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
(Qs at-Taubah/9:119)

5. Sahabat Rosulullah Saw adalah hamba-hamba Allah SWT yang mengikuti jalan yang lurus.
وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِّنَ الْأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُوْلَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ
Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu ‘cinta’ kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.

(Qs al-Hujurot/49:7)

Ijma’ ulama tentang ‘adalah (keadilan) yaitu semua sahabat Rosulullah Saw. Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah berkata: “Para sahabat Rosulullah Saw tidak perlu kita periksa keadilan mereka, karena sudah ijma’ Ahlul Haq (kesepakatan ahli ilmu/kebenaran) dari kaum muslimin yaitu Ahlus Sunnah wal Jama’ah bahwa mereka semua adil.”  (Dinukil dari al-Itti’ab fi Ma’rifati Ashab:1/9).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Semua sahabat adalah adil menurut Ahlus-Sunnah wal Jama’ah, karena Allah SWT telah memuji mereka di dalam al-Qur’andan hadits Nabi Saw pun memuji perilaku dan akhlaq mereka. Mereka telah mengorbankan jiwa dan harta mereka di hadapan Rosulullah Saw dan mereka hanya mengharap ganjaran yang baik dari Allah SWT. ” (lihat al-Baitsul Hatsits fi Ikhtishor Ulumil Hadits:2/498).

Dari Buletin Al Furqan Vol. 2 No 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: