A Brief to Piperack Design

Piperack structur adalah sebuah struktur yang biasanya berfungsi sebagai pipe support pada petrochemical plant. Seperti terlihat pada gambar diatas, diperlihatkan sebuah struktur piperack dengan platform di atasnya.

Pada dasarnya sebuah struktur piperack harus ditinjau kekuatannya pada tiga kondisi yaitu pada saat empty, operation ataupun test. Sehingga pada ketiga kondisi tersebut dapat dibuktikan bahwa struktur tesebut “aman” digunakan baik ditinjau secara kekuatan struktur itu sendiri (stress ratio) ataupun ditinjau stabilitas strukturnya.

Untuk Design Code bisa menggunakan kekuatan batas ataupun service. Biasa digunakan AISC-ASD, AISC-LRFD ataupun BS 5950-2000. Beban-beban yang dominan pada struktur ini tentunya adalah beban-beban yang dihasilkan oleh pipa diantaranya pipe friction dan pipe anchor force. Untuk pipe friction secara konservatif dapat diambil sebesar 30% dari berat pipa pada saat operation (PO) yang bekerja searah dengan arah pipa (along the pipe). Ada beberapa spesifikasi bahwa pipe friction force ini juga bekerja dengan arah tranverse strukturnya walaupun tidak bekerja secara bersamaan. Atau jika ingin lebih konservatif maka pipe friction force dapat ditinjau secara simultan. Untuk contoh pemodelan desain dan analisis struktur piperack dapat di download di sini

(Click Here)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: