A Brief to Xsteel/TeklaStruktur

Xsteel adalah suatu program yang didevelop oleh Tekla Corps, yang diperuntukan pekerjaan steel detailing. Pekerjaan ini sebelumnya dilakukan dengan caddy manualy.

Cara cad sebenarnya adalah cara lama yang membutuhkan proses checking yang baik dikarenakan tidak dapat menvisualisaikan struktur secara 3D. Dengan menggunakan Teklastruktur (former Xsteel) maka masalah tersebut dapat dipecahkan/diselesaikan.

Beberapa keuntungan dalam menggunakan Teklastruktur adalah sebagai berikut;
- Visualisasi struktur secara 3D sehingga dapat menghindari kesalahan yang seharusnya    tidak perlu.
- Dapat mempercepat pekerjaan detailing dan mereduksi kesalahan
- Otomatisasi dari marking sehingga dapat mereduksi kesalahan gambar.
- Dapat membuat valid report, MTO seperti part list, assembly list yang berguna bagi    estimasi dan pembelian material.
- Untuk fabrikator yang mempunyai cnc mesin dapat menggunakan feature xsteel dalam membuat nesting plate sehingga mereduksi scrap material.

Silakan download di

Click Here

Please refer to my email if you need more assistance.

84 Responses

  1. Pak Hadi…..setelah sekian lama mencari referensi untuk belajar X-Steel baru di blog anda saya dapatkan referensi tersebut, mungkin anda dapat memberikan referensi pembelajaran lanjutan, seperti bagaiman cara pembuatan detailingnya….
    terima kasih

  2. Bisa aja Pak Agung…kebetulan saya juga mengadakan training di rumah atau bisa download aja manual training nya dengan ling diatas…untuk tanya2 sih silakan aja…mungkin saya bisa membantu…

    Hadi

    • pak hadi, ….saya sdh belajar tekla 80% sdh bisa….cuma ada 2 pertanyaan saya yg belum terpecahkan,….

      1.cara membuat profil existing, dimana pfofil tersebut tdk masuk assembly.
      2.cara membuat castelated beam.

      telp saya jay (0813-1526-9199)
      klo bisa saya minta no.telp pak Hadi…
      trims

  3. Saya sudah download manual training nya namun ketika saya coba agak sulit juga ya karena ada beberapa materi yang hilang seperti cut & weld.
    Akhirnya saya mengexplore sendiri, walaupun lama tapi ketemu juga sih caranya, sekalian tanya nih pak….kalo kita melakukan proses line cut ataupun cut lainnya pasti ada garis putus-putus setelah proses itu selesai, apakah garis itu dapat menimbulkan masalah untuk proses detailing..??atau adakah cara untuk menghilangkan garis tersebut, karena pada proses rendering garis itu masih muncul..???
    Ngomong-ngomong bapak buka training alamatnya di mana ya pak…??
    Terima kasih atas bantuannya…..

  4. Line cut dan fitting …jika proses nya sudah selesai akan muncul simbol line cut yang putus-putus dan fitting yang tidak terputus, garis ini tidak akan menimbulkan masalah dalam proses detailingnya alias hanya simbol saja.

    Untuk menghilangkannnya coba click 2 kali windownya kemudian bisa dipilih mana saja yang hide dan visiblenya kemudian pilih modify.

    Rumah saya ada di :
    Perumahan Permata Depok, Kota Depok

  5. Terima kasih pak atas bantuannya…….
    Wah rumah bapak jauh juga ya…….bapak kalau kasih training jadwalnya kapan saja ya dan tentunya biayanya berapa ya pak……??karena terus terang lembaga kursus yang pernah saya tanyakan biayanya cukup mahal, makanya saya coba untuk explore sendiri,semoga bapak tidak bosan dengan pertanyaan saya ya…….
    Oh iya pak, kalau bapak butuh bantuan untuk analisa struktur menggunakan SAP2000, ETABS, ataupun STAAD Pro, mungkin bapak bisa menghubungi saya, siapa tahu saya bisa membantu……
    Sekali lagi terima kasih ya pak…….

    Regard
    AGUNG NUGROHO
    Alamat : Jl. Rahwana Raya No.25 Perumnas II Tangerang 15138
    Telp : 08179882084 / 02199876190
    Pekerjaan : Estimating & Engineering di PT. JAGAT BAJA PRIMA UTAMA

  6. Biasanya sih sabtu minggu aja. Gak mahal kok biasanya 6x pertemuan @ 2 jam. Atau kadang sih gratis asal mau dateng aja… Eh pak Agung kerja di Jagat yah…sudah berapa lama…kenal sama mas Suyono gak…?

    Lengkapnya untuk penawaran training bisa di dowload:

    http://rapidshare.com/files/85905079/Xsteel_Training_Offer.xls

  7. Pa saya sangat tertarik dengan tekla, bagaimana cara agar saya bisa belajar, sekarang saya ada disurabaya
    sebenar’y rumah orang tua saya didepok juga JL. Rokan 4 Depok Timur tapi kebetulan saya dapat kerja di surabaya
    Sukron…..

  8. Pak Arif bisa dipelajari sendiri kok walaupun agak susah…untuk materinya bisa di download … materi ini merupakan pengenalan dasar-dasar nya saja

    http://rapidshare.com/files/86880422/Training_Xsteel.pdf

  9. Terima kasih atas bantuan’y pa
    Mungkin nanti kalau saya pulang saya akan main ke tempat bapak

  10. Biasanya kalo training jam berapa aja pak……
    Mas Suyono, sepertinya saya pernah dengar, mungkin dia di Workshop ya pak….kalau saya di pusat pak…..
    Pak kalo “in house training” biayanya sama atau beda ya, saya mau coba ajukan ke hrd saya nih…..soalnya tahun kemarin ada rencana mau ngadain training XSteel tapi belum terwujud…….
    oh iya…pak Hadi sudah pernah dapat job XSteel dari Jagat atau belum…????

  11. Terima kasih Pak Agung atas tawarannya dan infonya…mungkin lebih baik jika penawaran saya dikirim langsung ke alamat email Pak Agung…

  12. Pak Hadi yth,

    Saya mau download manual tsb koq gak bisa ya (apa sudah dihapus?)
    Dimana saya bisa mendownload manual tsb?
    terima kasih lho pak.
    saya tunggu

  13. Iya sebenarnya sudah sy hapus…sdah banyak banget yang dl. Okd silakan dl dengan link di bawah ini…

    http://rapidshare.com/files/89785352/Training_Xsteel.pdf

  14. Pak Hadi,

    terima kasih atas kesempatan utk downloadnya. Kalo boleh tahu apakah membuka kelas untuk training xsteel ini?
    Baik yang private maupun yang reguler?
    Kalo bapak berkenan tolong kirim brosur nya ke alamat email saya ini.
    Sekali lagi terima kasih pak Hadi.

  15. Pak Hadi,
    Thanks atas sharing info mengenai XSteel, saya juga berminat utk mengikuti Training XSteel yang Pak Hadi laksanakan. Apakah saya bisa mendapatkan informasi lebih mengenai Training ini dari Bapak? Saya tunggu balasannya (kalau bisa ke email saya saja).
    Terimakasih…

  16. Biasanya sy ngadain training sabtu atau minggu. Ada yang mau training tanggal 23 besok…maksimum 2 orang peserta.

    Tks

  17. Pak hadi,

    Apakah pak hadi jugabuka tanya jawab mengenai tekla?

    santo

    tks

  18. Pak Hadi,

    Apakah di indonesia ada semacam kumpulan user tekla?

    saya pake tekla sdh 4 tahun, kerja di murinda cikarang

  19. wah ternyata banyak jg ya yg memakai tekla….
    pak hadi saya mau link ke rapid share anda tp tertulis file nya sudah di delete by uploadernya..
    gimana ya pak caranya?

  20. Iya sebagian sudah saya didelet file yang di rapidshare… sharing ilmu saja sih sebenarnya. Sekalian juga untuk Pak Santo yang ingin men dl file berikut ini: (mudah2an bermanfaat :-))

    http://rapidshare.com/files/92193348/How_to_Import_Staad_Model_to_Xsteel.pdf

    http://rapidshare.com/files/92194594/Training_Xsteel.pdf

  21. wah bs pak akhirnya…
    luar biasa ya penjelasannya… agak lebih mudah pak.
    terima kasih

  22. Maaf Pak Hadi klo boleh ikut nyumbang info.. untuk Pak Santo kumpulan user Tekla di Indonesia bisa ditemukan di http://tech.groups.yahoo.com/group/Xsteel-Indonesia/ atau di detailingtheworld@googlegroups.com

  23. Ok…pak Ajie…silakan aja…
    Pak Santo boleh juga tuh groups nya…silakan subcribe dan jika ada pertanyaan tentang xstel/tekla bisa ditanyakan…di forum tersebut…
    Tks

  24. pak hadi,

    trim untuk import dari staad model ke tekla

    Pak ajie sampai ketemu di forum tsb dan trim infonya.

    trim

  25. Pak Hadi,
    sy ingin belajar tekla pak, sy sudah akses ke rapidshare mengenai xsteel training offer tetapi sudah di delete, kalau bapak berkenan tolong offer tsb di email ke sy.
    Terima kasih

  26. Pak Anto sebenernya untuk tahap dasar xstl bisa dipelajari sendiri dengan mendownload materi yang saya buat…walaupun saya pikir agak lebih sulit untuk belajar mandiri ketimbang belajar staad atau sap2000.

    http://rapidshare.com/files/92194594/Training_Xsteel.pdf

    Tks

  27. Pak hadi, maksud saya saya ingin kursus ke bapak, kalau bisa biaya kursusnya dan materinya dapat di email ke saya. mudah-mudahan biayanya dapat terjangkau oleh saya.
    salam & terima kasih.

  28. mlm pa Hadi…

    saya anak baru di komunitas ini…saya pengen tau program yang bapak tawarkan ini..kebetulan saya mahasiswa teknik sipil…kira” ada nmr tlp ataupun alamat yg bisa say sapatkan untuk mengetahui informasi kursus yang bapak tawarkan..terimakasih…

  29. Sebenarnya kita sedang mengadakan training staadpro di STTJ. Udah ada jadwal I dan kedua, tetapi kalo ingin ikutan keliatannya harus menunggu pembukaan training selanjutnya. Training ini lebih kepada pengenalan struktur-struktur yang biasa di oil and gas dan petrochemical project. yang selanjutnya kita berkolaborasi dengan salah satu perusahaan engineering yang dapat langsung menerima sebagai karyawan. tentunya ada term and conditionnyalah. Untuk sementara sih bisa dipelajari manualnya (free dl). Untuk Xsteel juga bisa di donlod. dan dipelajari dulu. Jika ada yang tidak jelas ada milis yang dapat memberikan pecerahan.

  30. assalaamu’alaikum wr.wb.
    gmn kabar pak hadi? masih inget gak sm temen kuliahmu ini?

  31. oya ni no yg bisa dikontak o813 9200 3282 mau privat STAAD+TEKLA Nih…bantuin ya

  32. Walaikum salam warahmatullah Mas Prananto…
    Masih dong…boleh aja mas ..dl aja di blog ku…tapi aku udah enggak inget link mana yang masih berfungsi …

    heheheh..maklum…kemarin komputernya terformat dengan tidak sengaja..jadi yah gitu deh…

  33. Dear Pak Hadi,

    Saya lagi belajar Tekla Structure kira-kira kalo kita mau donlot tutorial dimana yah Pak?

    segitu aja dulu
    terima kasih banyak atas bantuannya…

    salam
    Beni

  34. Dear Pak Hadi,

    Perkenalkan saya mungkas, pemula tekla.
    Saya ingin belajar tekla lebih melalui publikas Pak Hadi melalui rapidshare, tetapi download error.
    Mohon advise Pak Hadi.
    Terima kasih.

  35. Salam kenal juga Mas Mungkas, Kalo error keliatannya rapidsharenya yang lagi enggak bener…(perhaps)

    Coba lagi deh mas lain waktu.. mudah-mudahan bisa dl-nya.

    Tks

  36. Pak hadi, saya tertarik dengan blog bapak. Saya seorang dosen sipil di Semarang.
    Sudah lama saya ingin belajar STaad & Xsteel terutama x steel,cd xsteel saya selalu gagal di instal.
    Kalo boleh tahu dimana ya cara mendapatkan softwarenya pak?
    thanks

  37. Terima kasih Pak Ariyanto komennya…coba pake yang versi 12.0… pasti bisa dipakai…

  38. Pak Hadi,

    Alhamdulillah saya dapat manfaat yang sangat besar dari website bapak, saya sedikit-sedikit sudah bisa Xsteel .
    Kalau tidak keberatan, bisa ndak saya minta steel catalog untuk oil and gas structure yang berisikan
    arti dan fungsinya :
    Misal :
    Angel L 5″ x 5″ x 0.25″ maksudnya apa
    dll

    Ana sedang mencoba switch ke oil and gas company

    Jazakallahu khoiran katsiraa

    Roy

  39. pa roy, maaf klo boleh saya jawab.

    L5″x5″x0.25″ artinya “L” menunjukkan jenis profile yang digunakan adalah angle atau yang biasa di sebut siku, kemudian 5″x5″x0.25″ adalah size atau ukuran satuan inchi dalam sistem imperial, bila di konversi ke sistem metrik maka akan menjadi L127x127x6.4 dalam satuan mm (besi siku dengan ukuran 127×127, yang memiliki ketebalan 6.4mm)

  40. Betul sekali Pak jawabannya…profile baja tersebut memakai sistem imperial…US profile. Jika ingin di konversi ke sistem SI, tinggal dikalikan 2.54cm.

    Tks
    Hadi

  41. 1. Pak hadi apakah bisa profile, bolt, & grade database dari setiap environment di jadikan satu master yang permanen bukan setiap file atau model saja misal saya pake environment SE-ASIA dan ingin mengganti material gradenya menggunakan S235JR(Grade Europa/German) tanpa harus mengcopy atau mengimpor dari yg sudah ada trus baru di modifikasi sepengetahuan/sepengalaman saya versi xsteel 6 dan 9 atau Tekla 10 masih bisa saya modifikasi lewat file database profil di setiap environment contoh : file profitab.inp masih tetap bisa di modifikasi lewat notepad trus untuk profiledb sudah tidak dapat di modifikasi lagi karena bahasanya ter-ENKRIPSI tidak seperti versi-versi sebelumnya.

    2. pak hadi kalo boleh saya boleh liat contoh atau hasil bat extension(untuk Single User, Multi User dan environment BAT nya) buatan pak hadi sendiri bukan dari bawaan tekla/xsteel. kalo ada dan di izinkan tolong ke email saya oln_lrk@yahoo.co.id atau olan@nddmain-truba.com

    3. pak hadi punya tutorial untuk Running Analysis Tekla versinya pak hadi sendiri gak ? kalo ada boleh donk di share.

    Menurut pak hadi bagaimana solusinya ?

    Best Regards,

    Structure Designer/Steel Detailer
    Olan Dani L
    PT Truba Jaya Engineering
    Mobile: 081399860973

  42. Buat Pak Ariyanto,

    Pak Versi 10 & 12, setelah diinstall jgn lupa TCP/IP nya di install juga pak,….. pasti jalan.

    trim

    santo

  43. 1. Pak hadi apakah bisa profile, bolt, & grade database dari setiap environment di jadikan satu master yang permanen bukan setiap file atau model saja misal saya pake environment SE-ASIA dan ingin mengganti material gradenya menggunakan S235JR(Grade Europa/German) tanpa harus mengcopy atau mengimpor dari yg sudah ada trus baru di modifikasi sepengetahuan/sepengalaman saya versi xsteel 6 dan 9 atau Tekla 10 masih bisa saya modifikasi lewat file database profil di setiap environment contoh : file profitab.inp masih tetap bisa di modifikasi lewat notepad trus untuk profiledb sudah tidak dapat di modifikasi lagi karena bahasanya ter-ENKRIPSI tidak seperti versi-versi sebelumnya.

    “Kalo masih satu version sih masih bisa dicopi profdb dan matdbnya ke sistem nya dipakai. tetapi jika beda version harus sistem import. (sepertinya)”

    2. pak hadi kalo boleh saya boleh liat contoh atau hasil bat extension(untuk Single User, Multi User dan environment BAT nya) buatan pak hadi sendiri bukan dari bawaan tekla/xsteel. kalo ada dan di izinkan tolong ke email saya oln_lrk@yahoo.co.id atau olan@nddmain-truba.com

    “Untuk versi berapa Mas, versi 10 dan versi 12 berbeda. untuk versi 11.0 sama dengan versi 10. tinggal jalankan xs servernya saja. kemudian set client servernya sama dengan nama server. selesai deh.”

    3. pak hadi punya tutorial untuk Running Analysis Tekla versinya pak hadi sendiri gak ? kalo ada boleh donk di share.

    “Belum Mas. Untuk analisis dengan tekla saya tidak begitu tertarik. karena lebih ribet. Saya lebih suka dengan staad. Karena begitu mudah”

    Tks
    Hadi

  44. Ass Pa Hadi…sy pemula yang ingin belajar TEKLA atau Staad Pro, kl bisa sih SAP 2000. Bisa mt nmr or alamat bpk yg bisa dihubungi? Apa bpk mengajar kursus di STTJ or ITJ yang di Jatiwaringin? sy tggu konfirmasi bpk….thanks

  45. Assalamu ‘alaikum…PAk HAdi…

    Kami sangat tertarik dgn program TEKLA…
    Dan Kami ingin belajar….
    PAk HAdi bisa gak ya memberikan training/pelatihan..
    di tempat kami bekerja(d kantor)..
    Posisi kantor kami d surabaya…
    Mungkin Pak Hadi bs memberikan solusi…
    Thanks… Pak HAdi…

    Wassalam,

  46. Pa Hadi,

    Maaf Pa’ hadi blum bisa memfollowup permintaan pa ekoy, saya ada teman yang pernah memberikan training untuk suatu instansi. bisa melalui email saya tayosicrew@yahoo.com

  47. maaf, maksudnya bila pak hadi blum sempat/bisa memfollow up permintaan pak ekoy, saya ada rekan disana yang mungkin bersedia untuk memfollow-up nya.
    Sekali lagi…mohon maaf ya pak hadi.

  48. Silakan saja Pak…
    saat ini saya belum bisa untuk training lagi…

    Tks
    Hadi

  49. Ass.w.w pa hadi,
    Perkenalkan saya Romy. Ada yang saya ingin tanyakan pak.
    Bagaimana cara mengimport tekla ke pds/pdms??
    apakah setelah di import, database yang berada pada tekla bisa terbaca oleh pds/pdms??
    Saya sangat tertarik dengan tekla. kira2, kapan bapak buka training tekla lagi?? kebetulan rumah saya di depok juga…

    Thk
    Romy

    wass.wr.wb

  50. Bagaimana Pak Akuy?, mungkin bisa kita follow-up untuk bulan januari

  51. ass.. saya ciploet pak..saya mahasiswa D3 teknik sipil kebetulan baru lulus th 2008 dan sekarang sudah bekerja di salah satu perusahaan konsultan di daerah jeksel..saya tertarik ingin mempelajari tekla..kira2 bpk hadi lagi buka training ga ya?? trus biayanya berapa ya pak?? kalo bisa beritahu saya lebih rinci tentang jadwal training dan biayanya.,silahkan kirim ke email saya ya pak..trims..

  52. ass … pak Hadi

    Perkenalkan saya Iim. Saya sangat tertarik untuk belajar Tekla, kebetulan saya sudah menginstal tekla structure 12.0, saya sudah coba mencari manualnya tapi susah mendapatkannya.
    mungkin pak Hadi bisa memberikan solusi maupun waktu untuk kursus mengenai tekla.
    terima kasih

  53. pak hadi, saya mau nanya gimana caranya membuat tangga putar di tekla
    apa bapak punya tutorialnya?

    terima kasih pa…

  54. Kulo nuwun pak hadi, saya alumni sangga sarana… mohon info lowongan untuk teman teman yang punya skill di strucad, steelcad, tekla structures…

  55. aslm pak hadi sya sangat ingin lebih mendalami tekla. klo memang bsa kursus sm bapak tolong beritahu alamat dan biayanya pak?tolong kirim saja ke email saya.terima kasih.wass

  56. pak. Ada ya mo gabung gak borongan gambar pake tekla. Harga nego. Ada 6000 Ton. Paling lambat 1mggu setelah iklan ini. Trims. Hub. Wida eka budi prasetya. Mr.
    Mobile. 08999983480 / 081360649100.

  57. malam pak hadi, saya ingin mempelajari tekla.apakah bapak berkenan membuka kursus tekla?mohon konfirmasinya beserta biaya regular dan privat dan waktunya ke email saya secepatnya (irvan.effendy@gmail.com).terima kasih

  58. Assalamualikum….ane cuma mau tanya gimana caranya meng edit gambar yang 3d dijadikan 2d untuk gambar lapangan, ane masih bingung karena ane biasanya menggunakan autocad kalau autocad kan bisa di print langsung dari pelatihan bapak saya sudah bisa membuat 1 project cuma gimana detail 2 dimensinya mengasih ukuran dan seterusnya seperti di autocad tolong pak di kasih contoh2nya smoga salafy tetep hidup di bumi indonesia…. Wassalamualikum.

  59. Pak hadi Yth..
    Saya mau nanya …, bagaimana cara menggunakan tekla Multi User yang katanya kita bisa mengerjakan file secara bersamaan,

    terima kasih,
    ardhy

  60. aslm.. pak Hadi..
    saya Fitri, kebetulan saya bekerja disalah satu perusahaan yang sedang mengerjakan pembuatan pabrik semen yang seluruh konstruksinya memakai baja.
    saya sudah mencoba untuk memodelkan bangunannya dengan bantuan modul dan tutorial tekla yang saya dapat dari internet.
    tapi sekarang yang menjadi masalah adalah detailing untuk sambungannya..karena bangunan ini sebelumnya sudah selesai dihitung menggunakan SAP ver.11..sehingga banyak sambungan yang tidak ada dalam component tekla itu sendiri. (saya menggunakan tekla hanya untuk membuat shop drawingnya)
    saya bingung,. apakah sambungan pada component tekla itu bisa dibuat sendiri dalam sketch editor seperti pada saat membuat material yang biasa..
    bisa tidak sambungan pada tekla yang awalnya memakai dua plate..diganti menjadi hanya satu plate saja..
    kenapa material yang kita buat sendiri di skecth editor tidak bisa dibuat stiffenernya..
    terima kasih sebelumnya..

  61. Pak Hadi saya mau nanya, gimana langkah dasar membuat tower dengan tekla structures? terima kasih sebelumnya

  62. Pak Hadi, saya mau tanya. Apakah bapak mempunyai panduan untuk tekla 15. karena yang sebelumnya saya sudah download dari bapak, untuk yang tekla 10.
    Terima kasih.

    • @Yudit: Belum pernah pengalaman buat tower nih…mungkin teman2 ada yang pernah bisa share…
      @Redy: Gak punya Mas,…
      @Fitri:
      Untuk component yang semau kita or kita punya standard sambungan sendiri sebenarnya bisa dengan custom component, jarak, tebal plat bisa kita atur sendiri. cuma untuk diterangkan di tempat yang sempit ini sepertinya tidak bisa deh…

  63. We are currently seeking applicant from qualified candidates to join our team as:

    Tekla/X-Steel detailer

    Key responsibilities:
    To prepare detail drawings (workshop/fabrication details and erection drawing) for structural steel project using X-steel/tekla

    Requirements :
    • Must have minimum 2 years experience using Xsteel detailing software and steel detailing experiences. Preference will be given to Xsteel detailers with US AISC and Canada CISC detailing experience
    • Knowledge in basic drafting standards and principles is required.
    • Excellent analysis skills and communication skills

    Interest candidates are requested to send in their Application Letter and complete Resume as an attachment in MS Word Format only in English with current & expected salary to : recruitment.detailing@gmail.com

  64. ada lowongan nih, rekan2

  65. Pak Hadi, apa kabar nih?
    Lama tak jumpa.

    Andi

  66. Buat temen2 yg mau kursus Tekla Structure bisa hubungi saya di 021-32360963. Kebetulan sy lagi nyari temen yg bisa gabung kursus. Secepatnya ditunggu,trims.

  67. Yth. P. Hadi, klo boleh tw alamat khursus TEKLA disurabaya dmn Pak ya..??ato mungkin temen Bapak yg di Surabaya ada yg buka khursus… saya sangat berminat dengan TEKLA…Thx atas infonya.

  68. Bang lowongannya masih available??

  69. Kawan-kawan ada enggak lowongan buat saya, Tekla Designer ( pengalaman 5 tahun )
    Atas infonya thank you…

  70. selamat malam mas….apakah pelatihan untuk Tekla masih tersedia??saya sangat berminat untuk belajar….saya mahasiswa UI Depok…terima kasih sebelumnya.,..

    mohon kirim ke email saya: tego_yohaa@yahoo.com

    terima kasih

    • makasih banyak pak tayosi…tutorialnya sangat membantu…kebetulan saya masih pemula belajar tekla…masih banyak yang ndak ngerti…

  71. Belajar mandiri aja rekan2, dan tanya2 di sini jika ada kesulitan. Ok…kalo bisa masuk ke fabrikator walau kecil sekalian latihan…

  72. Assalamu’alikum pak hadi,

    Saya baru ikutan gabung dan mau langsung nanya mengenai
    gimana caranya untuk mencetak tampilan 3D di publish web page, saya udah coba gambarnya tdk ikut tercetak tapi teknya aja yg tercetak

    Terimakasih atas bantuanya
    wassalamu’alikum
    adin

  73. makasih atas semua infonya pak hadi.
    mas toyasi, terimakasih juga buat linknya. tapi lesoon no 13 kok tidak ada ya.

  74. selamat pagi pak,
    saya mau tanya bagaimana cara mengimpor dari autocad ke tekla? mungkin ada modul nya, saya minta diberi filenya..
    terima kasih banyak atas bantuannya..

  75. salam buat semua, salam kenal
    pak hadi, terima kasih sudah share ilmunya..

    Pengen belajar juga…

  76. selamat pagi pak,,,,,,,,,
    saya mubarok lokasi di cawang,,,
    untuk training tekla tersendiri membutuhkan waktu yang lama apa gak pak,
    terimakasih.

  77. utk training Structure Engineering dari tahap basic sampai advance, bisa ke http://www.oilgascourse.com
    Harganya juga terjangkau

  78. pa Hadi kalo model tidak bisa dibuka, dan muncul comment “This model is locked by : JBPU_2 since : 26.02.2013 09:44:48 do you want to retry? dan kalo diklik tombol yes muncul comment lagi ” Could not open the model, Database is locked or connention to the model server can not be established” , gimana ya pak solusinya?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

