Importing Staad Model to Xsteel/Tekla

Salah satu feature dari xsteel adalah kemampuannya dalam mengimport model struktur yang telah dibuat oleh program lainnya. Misalnya STAAD, SACS, GTstrudle dan lainnya.Contohnya struktur yang dibuat STAAD diimport langsung kedalam tekla atau xsteel. Dengan cara ini dapat mempercepat pekerjaan itu sendiri. Untuk selengkapnya dapat didownload artikel tersebut

———————————————–

One of the xsteel feature is ability to import a model which developed by other structural analysis software such as STAADPro, GT-STRUDL, SACS and soon. This can be done by FEM Import inside xsteel or tekla environment. This could be accelerate the progress of shopdrawing development from design stage seamless to detailing stage. If you want to know how it work please try the link below…

Click Here

About these ads

170 Responses

  1. pak hadi,

    Bagaimana sich download artikel importing Staad model to tekla?

    trims

  2. Boleh aja mas Santo tanya2 free kok…oh kerja di murinda ya…setahu saya punya licensi xsteel banyak kan murinda…entar saya kasih link nya karena sebagian link yang ada di blog ini sudah saya hapus…

    tks…

  3. Pak Hadi,

    Murinda punya 9 licensi, bapak kok tahu? punya kenalan pak di murinda?

    Untuk tekla, Pak hadi saya pernah coba bikin custom component, dan didalamnya sy pake system component. Parameter2 didalam system component tsb saya ambil tabel (ascii), spt standard joint yang biasa di design drawing. Maksud saya biar gampang bacanya dan editnya, dibanding dengan baca attribute. Baca tabel pake fVF. Yang saya tanyakan efectivekah cara tersebut, ato ada cara lain yang lebih ok?

    Saya sudah pake cara tersebut untuk beberapa project.

    terima kasih pak hadi.

  4. Ada lagi pak Hadi,

    Saya lulusan AMIK, barangkali nggak nyambung.
    saya nggak pengen cuma jadi detailer saja, masa 10 tahun nggak ada peningkatan.

    saya pengen bisa design structure pake tekla, langkah apa ya pak hadi utk tujuan tersebut? Apakah dasarnya harus S1 dan bisa Staad?

    trim pak hadi.

  5. Agak susah sih pak Anto untuk belajar analisa struktur kalo bukan dari sipil…tapi kalo berusaha keras sih siapa tahu…staadpro program analisa struktur yang sangat user friendli untuk dipelajari…lebih mudah digunakan daripada sap atau etabs…untuk pengetahuan aja sih ok banget …cuma rizki seseorang siapa yang tahu…sesungguhnya sudah ditutup kitab dan tintapun sudah kering. Eh siapa yang nyangka kalo jadi detailer dapet gaji 22 jt/bl. it’s the meaning of profesionalism and how good is your works….

  6. untuk custom component sebenarnya sangat bagus mempercepat pekerjaan kita. apalagi kalo client kita punya style yang itu2 aja…dan kalo misalnya gak ada di custom joint nya tekla…its veri good.

    Eh kita pernah ketemu gak yah… dulu aku pe nya proyek badak…pernah ke murinda … trus pulang malem jam 12..

  7. Pak Hadi,

    Pernah, pada waktu bikin perspective komputer sering hang.

    Sori mo nanya pak hadi ini yang pernah ke malaysia bukan? dan sekarang di ikpt?

    bagi-bagi dong pengalaman di malaysia, seputar tekla

    trim, sampai ketemu lagi!

  8. Biasa aja kok…gak ada yang spesial tentang kerja di my…yang paling enak ya kerja di indonesia… :)

  9. Pa’ Hadi yang baik

    saya rekan kerja Pa’ Santo…. di Murinda. Basic saya Sarjana Sipil
    Saya semenjak di tinggal Pa’ Santo awal mulanya agak kerepotan juga bekerja menggunakan tekla tapi sekarang agak lumayan…
    sekalian mo tanya… langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat custom component….makasih

  10. Wah Mas.. agak sulit kalo diterangkan degan tulisan tapi coba ikutan milis xsteel indonesia…Mas bisa tanyakan macem2 tentang xsteel di forum tersebut. Atau jika punya help file nya …mungkin bisa dipelajari mandiri.

    Walaupun menurutku agak sulit jika memperlajari mandiri tentang custom komponent. Sy sendiri mungkin sekitar tahun 2005 dapet training dengan Pak Sis…Tetapi banyak gunanya kok jika Pak Eka menguasainya.

  11. Apa kabar pak hadi?

    Maaf merespon temenku eka:

    Eka pa kabar?
    jangan kuatir kak custom component, klo dibilang tidak susah2 amat sich, tetapi ya,……ga gampang juga.
    Klo menurut saya :
    1. Kamu baca dahulu helpnya, tentunya dengan latihan contoh sedikit2.
    2. Environment di tekla banyak sekali tu!! install aja semua, karena saya lupa di environment mana yang banyak sekali contoh-contoh custom component.
    3. Membuat yang sederhana dulu, yang jelas kamu saya rasa sudah bisa yang menggunakan intelligent. Ato klo diuber-uber pak condro yang tdk intelligent ga papa, untuk mengganti copy joint saja (supaya tahu karakteristik tekla).
    Perlu kamu ketahui juga di helpnya itu hanya menjelaskan fungsi-fungsi apa yang ada di CC dan menjelaskannya. Tapi dari fungsi2 di help itulah kamu bisa mengkombinasikan. Sebagai contoh clid purlin, klo kamu membuat CC clid purlin di point kuning, maka klo kamu dijointkan di point yg magentakan salah arah,…dan yang spt itu yang ga ada di help. Tapi sebenarnya 1 CC clid purlin bisa digunakan dimana aja, spt purlin yg disambungan ato yg bkn sambungan. Clading ketemu web ato flange, joist yg numpang di beam yg ada slopenya, itu hanya 1 Custom component, belum lagi yang beda profilenya. Asal jangan clid purlin satu Component dg end plate itu ga relevant, bisa sich tp dengan jln lain.

    selamat mencoba!!!!!!!!!

    santo

  12. Maaf pak hadi ngganggu lagi,

    Untuk Eka saya tambahin referensinya utk belajar custom component:
    http://www.rta.tkk.fi/Kurssit/196/TrainingMaterial/
    Training_TS12_Steel/Lesson4_CustomComponents_steel.pdf

    Pak hadi, di milis xsteel indonesia yg mana yang membahas custom component? saya sdh cari blm ketemu2 juga.

    trim infonya, sampai ketemu!

    santo

  13. Saya seorang pemula dalam menggunakan Tekla, Saya mau ikut bertanya mengenai Tekla karena
    saya biasa menggunakan STAAD.Pro untuk menghitung analisa strukturnya hanya kesulitannya terkadang untuk detail hasil harus digambar lagi dengan autocad terkadang ada perubahan maka harus diulang digambar lagi jadi terkadang
    menghabiskan banyak waktu, setelah saya membaca topik ini maka saya ingin bertanya beberapa hal mengenai Tekla
    kepada Bapak dan teman-teman sekalian.

    1. Apakah hasil yang kita peroleh setelah didisain dengan STAAD.Pro (untuk baja dan beton), maka
    jika hasil disain tersebut diimport ke Tekla dapat dibuat detailnya dengan Tekla secara langsung?

    2. Apakah perlu pengaturan untuk membuat STAAD.Pro nya sebagai analisa default pada Tekla, apakah Tekla dapat menganalisa hasil juga (mempunyai tools untuk analisa juga)?

    3. Jika option STAAD.Pro pada Tekla kita hanya bersifat demo apakah bisa kita analisa dengan STAAD.Pro yang stand alone (diinstal tersendiri) dan dibuat detailnya dengan Tekla atau mungkin ada trik lain dari teman-teman sekalian?

    4. Bagaimana untuk mengimport model dari autocad dalam format dxf atau dwg ke Tekla?.

    Terimakasih atas bantuannya dan mohon pencerahannya.

    Albert

  14. 1. Apakah hasil yang kita peroleh setelah didisain dengan STAAD.Pro (untuk baja dan beton), maka
    jika hasil disain tersebut diimport ke Tekla dapat dibuat detailnya dengan Tekla secara langsung?

    Ya, tetapi detail tersebut di buat di dalam tekla,tidak di dalam staad.

    2. Apakah perlu pengaturan untuk membuat STAAD.Pro nya sebagai analisa default pada Tekla, apakah Tekla dapat menganalisa hasil juga (mempunyai tools untuk analisa juga)?

    Untuk tekla versi 10.0 fasilitas tersebut ada tetapi untuk versi selanjutnya sepertinya dipisah jadi hanya detailingnya saja sedangkan untuk analisis dan desainnya terpisah.

    3. Jika option STAAD.Pro pada Tekla kita hanya bersifat demo apakah bisa kita analisa dengan STAAD.Pro yang stand alone (diinstal tersendiri) dan dibuat detailnya dengan Tekla atau mungkin ada trik lain dari teman-teman sekalian?

    Keliatannya gak bisa Mas, Kalo mau ya desain strukturnya pakai staad kemudian model strukturnya diimport ke Tekla untuk dibuatkan detailnya.

    4. Bagaimana untuk mengimport model dari autocad dalam format dxf atau dwg ke Tekla?.

    Hmmm, kalo punya help filenya bisa dibaca sih …tapi coba ikuti menu-menu yang ada di Tekla sepertinya mudah untuk diikuti.

    Terima kasih
    Hadi

  15. Buat Pak Hadi
    Oh ya Pak Hadi saya mau bertanya lagi mengenai detail di Tekla, maksud saya apakah kalau kita sudah menganalisa STAAD.Pro nya, maka Tekla sudah langsung membuat detail sesuai dengan gaya yang kita analisa dalam STAAD.Pro, karena saya lihat ada option auto connection pada sambungan baja jadi dengan mengklik option ini maka sambungan sudah dapat dibuat sesuai dengan gaya yang kita analisa, malah saya lihat pada Tekla 14 ada auto design untuk beton, apakah ini juga maksudnya Tekla dapat membaca gaya pada STAAD.Pro dan langsung membuat detail betonnya, oh ya Pak untuk import dari autocad file ke Tekla sudah saya lihat di buku modelingnya Tekla 14, soalnya saya lihat ada 4 bukunya dalam bentuk file.
    Terima kasih atas bantuannya

    Albert

  16. Salam kenal pak Hadi
    Saya pengguna steelcad dan ingin belajar Tekla, di mana saya bs belajar
    Tekla dan berapa biayanya?
    Btw pak Hadi pernah mengarjakan BADAK PROJECT ? Saya jga mengerjakan BADAK nya KHALISTA dengan menggunakan STEELCAD

    tHANK

  17. Pastinya saya sendiri enggak tahu…
    Tetapi setahu saya, tekla dapat menghitung kapasitas detail sambungan yang kita buat berdasar pada plate dan bolts yang kita pakai…

    Belum sampai nih ke Tekla 14….sip deh kalo sudah tahu…keep exercise

    Thanks
    Hadi

  18. Buat Pak Hadi

    Saya salah satu pengguna Tekla structure terutama steel detailer saya menggunakan V10.2. kami punya 2 licensy
    di paket pembelian ini tidak disertakan analysis sedangkan kalu import dari STAAD ke tekla bentuknya hanya 1 Profil jadi kita harus edit lagi dan didalam STAAD tidak ada fasilitas analisa joint apakah didalam analysis tekla bisa dan bagaimana agar saya bisa dapat software tekla analysis dan perlu mengeluarkan biaya berapa

    trima kasih sebelumnya

  19. Pak hadi maaf mengomentari ke pak albert. Saya detailer bukan engineer, jd sedikit saya komentari di auto connection saja.
    Auto connection, berisi :
    1. Jenis joint apa yg digunakan apabila connection dilakukan. (spt gusset, endplate, dll), sesuai dengan rule2 yang sudah kita buat / defaultnya sdh ada atau tinggal kita rubah. Sebagai contoh : beam ketemu column flange secara otomatis memakai endplate.
    Rule yang lain sebagai contoh : beam ketemu column web memakai joint gusset (joint 186, ato joint 187)nama2 joint di tekla, beam ketemu beam memakai joint 185, dst, itu semua dipilih secara otomatis, sesuai dengan aturan yang sudah dibuat.
    Artinya : Jd seorang detailer sdh tidak lg memilih jenis joint apa yang dipakai bahkan materialnyapun seorang detailer tidak tahu juga tidak jadi masalah klo sudah memakai auto connection.
    2. Setelah jenis joint sdh ditentukan secara otomatis, maka selanjutnya profile apa yang dipakai yang nantinya akan digunakan untuk memilih attribute dari joint tersebut, maksudnya sebagai contoh : setelah point pertama ternyata memakai endplate, maka endplate tersebut memakai tebal plat berapa, size bolt berapa, jumlah bolt berapa, besar welding berapa dll yg semuanya ini sebelumnya sudah disimpan sebagai attribute joint endplate. Attribute joint endplate utk profile H150x150, dg tebal plate 14, size bolt 20, dll kemudian di save dengan nama H150. Utk profile H100x100, dg tebal plate 12, size bolt 20, dll, disave dg nama H100. Atribute2 inilah yang akan ditentukan di point 2 ini, yang sesuai dengan profilenya. Yang menurut saya variabel2 yang ada di attribute inilah merupakan hasil perhitungan.

    Selain mengambil variabel2 yang ada di attribute (file H100, file H150) yang sesuai, attribute ini juga bisa berisi external design dengan menggunakan excel. Maksudnya variabel2 dari joint ini diambil dari proses perhitungan yang ada di excel.
    Masih dalam point 2, tekla menigirim informasi spt profile, jenis joint, dll ke excel kemudian diproses di excel dan dikirim lagi ke tekla yang merupakan hasil perhitungan dan terbentuklah joint. Selain di kembalikan ke Tekla, Reportnyapun bisa di kirim ke excel itu sendiri.

    Di excel bisa digunakan formula-formula hasil perhitungan sendiri, tentunya pak albert yang lebih tahu.

    Trim pak hadi, klo ada kekurangan pak Hadi bisa menambahkan, dan klo ada kesalahan pak Hadi bisa mengoreksi.

    santo

  20. Wah terima kasih banyak Pak Santo atas penjelasannya. Kemarin sih saya mau belajar connection design yang pake excell, tapi karena enggk paham jadi ditinggalin…

    Terima kasih
    Hadi

  21. Untuk Pak Detailer….
    Salam kenal Pak…ya dulu saya PE proyek badak tapi tapi saat itu proyeknya dipending. Steel cad jaman dulunya xsteel khan?

    Hadi

  22. Buat Pak Agung…
    Mungkin penjelasan pak Santo bisa menjawab pertanyaannya..:)
    Kalo masalah harga hhehehe…saya sendiri enggak tahu nih…mungkin Pak Sis bisa dihubungi…

    Terima kasih
    Hadi

  23. BADAK PROJECT jatuh ke KHALISTA_ Saya ngerjain yang Surface Treatment_CRE & DISPATCH WAREHOUSE sendirian.
    Structure nya ribet bgt dan banyak masalah dan perubahan_
    ada jg team yang ngerjain pake TEKLA tapi katanya hasilnya kurang memuaskan dan lama .
    Katanya memang Steelcad cikal bakalnya XSTEEL. Makanya sbg detailer sy jg pengin update kemampuan saya d software TEKLA

  24. Pak Hadi,

    Sori pak Hadi, mo tanya : bisa tidak klo dalam forum spt ini, bisa ditampilkan gambar2 3D, dan lebih canggih lagi dalam bentuk video, spt you tube.
    Itu bisa membantu pertanyaan dan jawaban rekan-rekan yang ada masalah ato yang pengen share pengalaman. Klo dalam bentuk gambar atau bahkan videokan lebih jelas!!!!!!!

    trim

    santo

  25. Buat Pak Santo terimakasih atas jawabannya, saya setuju dengan usulan Bapak soalnya saya juga terkadang agak bingung kalau gak langsung lihat clip atau video tutorialnya , saya biasanya lebih banyak menggunakan program struktur yang bisa detaling seperti SCIA Esa PT atau Robot Millenium dimana setelah kita run analysis dapat kita pindahkan ke RCAD steel atau RCAD concrete (pada robot millenium) atau ke All Plan untuk Scia Esa PT untuk dibuat detailnya tetapi dengan menbaca gaya yang ada setelah analysis, hanya karena saya lihat Tekla mempunyai jenis sambungan yang banyak maka saya tertarik mempelajarinya, mungkin kalau bisa share dengan clip maka transfer ilmunya juga cepat Pak, Oke gimana Pak Hadi, ditunggu lho usulannya.

  26. Pak Albert dan Pak Santo diskusi sudah saya sediakan di http://advancedetailing.wordpress.com/

    Mungkin pak Santo dapat menjelaskan ke kita-kita semua tentang pengalamannya dengan program Tekla/Xsteel. Mudah-mudahan dengan adanya gambar dan video lebih bisa menarik dan lebih dapat untuk dipahami.

    Hadi-Moderator

  27. Assalamu’alaikum Wr.Wbr.

    M E R D E KA !!!!!!!!!

    Pak Hadi,
    Saya terkesan sekali klo di blog pak hadi bisa menampilkan gambar2 3D ato video, tp masalahnya gimana klo menjelaskan ato yang bertanya dg gbr 3D ato video dg suara dimasukkan ke blog ini?

    Saya ingin sharing tentang custom component dengan rekan2 yang sampai saat ini penasaran dengan custom component. Kenapa saya katakan sharing?….Karena saya belum masuk ke level menjelaskan…..lah, karena yang saya dapat bukan dari belajar/training yang sistematis. Semua yang saya dapat cuma karena panasaran dan pengen tahu saja, jd klo rekan2 yang bisa menambahi / mengoreksi,….waduh senang sekali!!!!!!!

    Klo menurut saya rekan2 yang pengen belajar Tekla ato custom component, yang pertama baca saja dulu help2nya itu sudah ada,…..latihan2 dan pak Hadi saya lihat juga banyak sekali materi-materinya yang siap untuk di download. Rekan2 yang mau belajar custom component tingkat dasar ada itu di YouTube, Lesson8 klo ga salah, tp klo yg sdh advance saya tidak tahu belajarnya dimana, ya,…..tentunya yang murah meriah, hehehe,…………..ada yg murah meriah,……ya disini qta sharing di blognya pak Hadi.
    Pak Hadi buat Youtube versi Indonesia, bagi temen2 yg lemah di English supaya bisa paham, termasuk saya, ato saya sendiri ya… yg ga bisa English,…heheheheh (tentunya yg scope seputar detailer tekla, klo yg lain terserah pak Hadi……lah)

    Klo mejelaskan Tekla ke pak Hadi,….ya….jgn menjelaskan,……. kualat nanti (bahasa jawanya),hehehe,…………..

    Info buat temen-temen yang sering salah start point dan endpointnya untuk menukarkan point tsb di r14 sdh ada macrosnya, sekali click pointnya sudah ditukar : start jadi end, end jd start, tidak usah mirror ato rotate lagi. Macros tsb bisa jalan di r 12, dengan modifikasi sedikit.

    Trim

    santo

    M E R D E KA !!!!!!!!!

  28. pak hadi,

    salam
    maaf pak hadi,gimana sich download artikel importing Staad model to tekla?

    regards

  29. Selamat pagi,

    Maaf, saya mau tanya berapa harga software Staad Pro 2004 pak? Bisa minta brochurenya.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Best regards,
    Arief

  30. wah pernah ngerjain project kalista yaa! GRUP nya Pak Hariadi, Pak Rusman, Pak Sudiro, Pak Hence orang2 murinda dan EX murinda yaa.

  31. Untuk Pak Arief,

    Kalo pastinya saya sendiri tidak tahu, kira-kira sekitar 40 jt satu licenci. Untuk authorize dealer keliatanya PT eramedia (EDP). Bapak bisa hubungi ke sana.

    Hadi

  32. Untuk Pak Deber,

    Coba link berikut ini
    http://rapidshare.com/files/92193348/How_to_Import_Staad_Model_to_Xsteel.pdf

    Tks
    Hadi

  33. Untuk pak Olan,

    Ya saya ikut ngerjain tp, saya ditengah jln hrs pergi ke malaysia. Itu juga cuma setting tempalte aja!

    Oya Pak Olan Dari mana?

    Trim,…

    Santo

  34. Ups Pak Santo udah di my ya. Sukses yah …salam buat temen-temen di sana.

    Tks
    Hadi

  35. Pak Hadi,

    Ya, Pak Hadi, nempatin company yg dulu pak Hadi kerja. Ok pak Hadi nanti salamnya saya sampaikan ke teman2.

    Suksess!!!

    santo

  36. boleh tahu alamat pa hadi? Ada beberapa teman ingin belajar tekla. Mungkin saya bisa mereferensikan ke pa Hadi.
    Buat teman yang perlu manual belajar tekla, saya ada beberapa. Bisa email ke saya di herman12008@yahoo.com

    Thanks.
    Herman

  37. O ya buat teman2 yang ingin kerjaan tambahan mungkin bisa email ke saya di herman12008@yahoo.com nanti kita bisa saling berbagi kerjaan.
    Thanks.

  38. Pak Herman,

    saya di depok. Mungkin jadi pertimbangan kalo misalnya manual saya di download dulu gratis…kalo misalnya mau tanya-tanya masalah tekla mungkin bisa posting aja di sini…kalo untuk yang basic.. download aja.

    Oh ya bagi temen2 yang tertarik boleh juga tuh tawarannya. Buat lebaran heheh.

    Tks
    Hadi

  39. Pa Hadi. Bagaimana cara menghasilkan output langsung bagus di tekla ya? kadang waktu banyak habis untuk edit output. Terutama truss biar gak terlalu brantakan. O,ya kalau bikin truss, bisa gak dimensinya langsung di As profil (di garis berat atau garis tengah profil).

    Thanks,
    Herman

  40. o,ya, kalau mau posting sesuatu disini bagaimana caranya.

  41. Kemarin saya datang di Launching TEKLA 14 di menara Peninsula, mungkin ada teman2 yang hadir juga di sana?
    Mungkin bagi teman2 yang mau belajar TEKLA bisa hubungi saya di 08129049853, atau kalo mau bagi2 job jg bisa.

    Saya kerjain BADAK PROJECT operan dari team nya pak Hariadi, mungkin pak Santo kenal? Kalo boleh minta nomornya pak Hariadi_ saya kehilangan kontak dengan beliau

  42. wah bapak detailer yang ciri2 nya apa yaa ?

    Olan Dani L
    PT. TRUBA JAYA ENGINEERING

  43. Pak detailer, kalau bisa kenalan dulu gitu!!!!!!!

  44. pak detailer

    mo nanya nih….apa saja kegiatan launching tekla 14 ini truss kelebihan tekla14 dibandingkan yang sebelumnya apa saja?

    regards

  45. boleh kenalan nich sama pak/om deber nich!!!!!!!!

    Pak Deber skg dimana? kenal sama Deno yg di Malaysia ga? ya,…. ex bukakalah,….. saya skg di malaysia,… dan ex murinda!

    trim santo

  46. O ya pa santo malaysia di perusahaan apa? biar kita2 bisa lamar juga disana. Kadang2 kita juga ada tugas ke Malaysia siapa tahu bisa ketemu. He…he…he…Malaysianya di mana ya?

  47. mungkin pa detailer bisa email ke saya kalau mau tahu no telp pa hariadi. nanti aku kasih tahu.

  48. Pak Deber makin betah aja neh di epiterma !

    Horas
    (Halak Kita)

  49. Buat yang ingin kerja di Malaysia dan pengalaman lumayan di Tekla bisa kirim lamaran ke saya, akan saya forward CVnya ke beberapa fabricators atau detailing companies yang saya kenal disitu. Dulu mereka pernah menanyakan saya dan suruh saya carikan. Mungkin ada yang berminat akan saya tanyakan. Salary mungkin bervariable 3000 s/d 6000 ringgit tergantung skill atau hasil wawancara. Yang dicari boleh bisa strucad atau tekla atau bocad tergantung perusahaan mereka punya software apa.
    Kelihatan tekla sekarang yang paling banyak pemakai saat ini.

  50. ia nih boz gajinya dinaekin he-he.
    mr.holan yang baek n ganteng sebelumnya w minta maaf ya kt ga bs bareng kerja ditruba ngerjainproject NDD mkn laen waktu kale ya,mg mr holan makin sukses aja,

    Pak santo,w kerja dicikarang tp bkn di murinda to jagad,disalah satu perusahaan fabricator sekarang w gi ngerjain project di Africa tepatnya di khongo

    w ga kenal ma DENO ad juga NUGRAHA mantan detailer PT tempat gw skarang kerja

  51. Teman-teman di Indonesia!!!!!

    Buat pak herman dan semuanya nich,…….para detailer tekla Indonesia, bisa ga mengenalkan alamat-alamat emailnya disini. Ya,….. klo pengen kenal lebih deket lagi…….sewaktu-waktukan bisa catingan,….. tukar-tukar pengalaman, saling kasih info peluang kerja yang lebih baik, ato curhat,hahaha,…..!!!!!

    Pak herman request saya belum ada responnya, apa pak herman ga suka catingan? ga ada waktu ya? terlalu sibuk!

    alamat saya : kalom_steel@yahoo.co.id

    trim,….

    santo

  52. salam kenal utk pak santo,saya email ke pak santo pake alamat apa ya?
    utk kelebiahan tekla 14 belum terlalu signifikan dari yang 13 :
    1.Ada perubahan utk pull down menu
    2.Penyempurnaan pada 4Dimensi
    3.Tampilan baru tekla pada ‘welcome loading’
    4.CLONING GA
    dll

    Waktu launcing kmrn sesekali saya ambil foto dengan kamera digital, mungkin pak OLAN bs mengenali saya, Oh ya saya pernah mengerjakan
    proyeknya TJE ; Conveyor SYstem utk UBS5

  53. Bung Detailer,

    Alamat saya sudah ada tuh di atas,….Sepertinya R14 menarik sekali,… dan pengalaman bung Detailer sudah seabreg rupanya.

    Sukses!!!

    santo

  54. kelebihan yg lain dari Tekla v14 (tambahan dari pak detailer)

    5. Reference model from dgn/prp, dwg/dxf and others yg berguna untuk clash checking dengan model berformat lain misal nya file dari PDS/MICROSTATION/3D ACAD.

    6. Custom setting yg langsung bisa di load saat kita buat model baru tanpa harus mengcopykan setiap ATTRIBUTE ke setiap model cth: custom template setting, material/profile custom dari hasil import, Custom component joint/macro joint, & custom view prop, bolt dan lain lainlah.

    7. Split login(different configurations)/pemisahan jenis user maksudnya untuk viewer, drafter, modeller, PM/SM, sampai Developer sudah di batasi hak akses nya sesuai dengan user loginnya.

  55. ALL RIGHT ! buat pak OLAN , anda lebih nyimak daripada saya ternyata he he he….

    alamat email saya whdini@interactcarlson.co.id
    boleh bagi2 kl informasi seputar tekla & job.

    Pengalaman saya dibanding pak Santo gak ada apa2nya pak,
    dulu sy pernah kerja di Sangga Sarana Sistema
    anak buahnya pak Siswanto.

  56. ooo anda orang Ex-Triple S too, WAH apalagi saya yg pengalamanya baru seumur jagung, by the way
    anda ibu Dini Handayani yaa ?

  57. yth Pak hadi…..
    perkenalkan pak, nama saya Ario, saya mahasiswa teknik sipil Unpar yg sedang mengerjakan skripsi menggunakan tekla 14…..
    saya mau tanya pak, apa tekla 14 bisa mengeluarkan output utk gaya2 dalam pd struktur??.apa tekla14 bisa dipake utk analisis struktur pak? atau tekla hanya dipakai untuk detailing saja?….saya udah coba bikin modeling sendiri (yg simple tentu saja), sudah saya kasih beban,perletakan dll, trus saya running tapi resultnya gk muncul pak….saya perlu result utk gaya dalam spt momen,axial dll….cara liat outputnya gmana ya pak?
    kalau boleh saya minta petunjuknya pak, saya bener2 gk punya teman diskusi utk blajar tekla pak, mudah2an bapak bisa bantu saya……
    trima kasih banyak pak….may Allah SWT bless you in this holy Ramadhan…..
    Wassalamualaikum….

  58. Saya tambah bung olan

    8. Bagi temen2 yg iseng bikin coding dg dotnetframe R14 semakin bertambah assemblynya, jadi yang tadinya tidak mungkin di buat karena blm ada command dari tekla bisa ditambah sendiri : seperti meniru command autocad : Trim, Extend, fillet itu bisa dilakukan di model.

    Juga dengan dotnetframe, kita bisa merubah user attribute part model di GA ato shopDrawing, yg tadinya tidak mungkin dilakukan merubah sesuatu di model lewat shop drawing ataupun GA. Contoh mungkin banyak temen2 yang di shop drawing ada no GAnya. Di GA qta bisa mengisi no GA Assembly yang nantinya dengan template akan keluar di shop drawing.

    Bagi temen2 yg ingin command Trim, Extend & fillet di Tekla/Model,… hub saya.

    trim

    santo

  59. ALTERNATIVE lain membuat command seperti ACAD dengan cara sederhana terdapat pada sub menu “CUSTOMIZE”, di situ kita bisa menambahkan command yg kita inginkan atau custom TOOLBAR.

  60. Yth Bapak/Ibu sekalian…..
    kalau sempat dan berkenan saya harap mau untuk menjawab pertanyaan saya di atas (tgl 10 sep 08)…saya akan sangat terbantu sekali bila ada diantara bpk/ibu yang mau sharing mengenai tekla dengan saya……email saya di : hidayat_ario@yahoo.com

    Saya mohon sekali bantuannya….terima kasih…..

  61. Pertanyaan yang mana bung hidayat?

    santo

  62. yth Pak hadi…..
    perkenalkan pak, nama saya Ario, saya mahasiswa teknik sipil Unpar yg sedang mengerjakan skripsi menggunakan tekla 14…..
    saya mau tanya pak, apa tekla 14 bisa mengeluarkan output utk gaya2 dalam pd struktur??.apa tekla14 bisa dipake utk analisis struktur pak? atau tekla hanya dipakai untuk detailing saja?….saya udah coba bikin modeling sendiri (yg simple tentu saja), sudah saya kasih beban,perletakan dll, trus saya running tapi resultnya gk muncul pak….saya perlu result utk gaya dalam spt momen,axial dll….
    kalau boleh saya minta petunjuknya pak, saya bener2 gk punya teman diskusi utk blajar tekla pak, mudah2an bapak bisa bantu saya……
    trima kasih banyak pak….may Allah SWT bless you in this holy Ramadhan…..
    Wassalamualaikum….

  63. Wa’alaikum salam warahmatullah Mas Ario,

    Yang saya tahu tekla mempunyai kemampuan untuk digunakan sebagai alat analisa struktur. Cuma jika memakai cracked version sepertinya tidak bisa digunakan. Mungkin karena proses nya yang tidak sempurna.

    Jadi lebih baik memakai program analisa struktur lainnya seperti staad, sap, midas etc. :-)

    Tks, Hadi

  64. Assalamualaikum pak Hadi….
    terima kasih pak atas penjelasannya, memang program tekla milik saya adalah yg cracked version…..
    kalau boleh pak, saya ingin nanya tentang gimana caranya untuk melakukan desain menggunakan tekla pak….
    saya sudah pelajari tekla (walaupun agak kesulitan), kalau untuk desain stuktur menggunakan tekla tahapannya bagaimana ya pak??…
    yang saya tangkap begini pak :
    1. buat modeling struktur di tekla , beri support conditions, beban, geometry setting dll.
    2. export data dari tekla ke STAAD.Pro dengan jenis file CIS/2(saya agak bingung ttg jenis file ini pak).
    3. setelah itu buka file yg telah di export di program STAAD.Pro, lalu buat load combinationnya, kemudian running untuk mendapatkan gaya2 dalam.
    4. setelah itu export file yang telah di running di STAAD ke tekla untuk melakukan detailing pada struktur.

    apa benar langkah2 yang di atas pak??, karena saya masih kesulitan dalam desain+analisis strukturnya pak…..
    mohon bimbingannya pak, saya kebingungan sekali untuk langkah2nya pak……
    mohon bantuannya lagi pak….maaf kalau saya merepotkan bapak….terima kasih banyak pak…
    Wassalamualaikum Wr.Wb….

  65. Yth Pak Hadi…
    apa bapak punya file tutorial untuk importing Staad model ke tekla??…krn setelah saya coba link rapidsharenya ternyata filenya sudah gk ada pak…..
    kalau boleh saya minta filenya pak….buat bapak/ibu yg baca pesan ini, saya mohon juga bantuannya ya kalau ada yg punya file tutorial importing staad ke tekla….
    trima kasih……

  66. Buat temen-temen detailer di Indonesia, sekedar sharing aja

    Berikut salah satu contoh kelebihan dari tekla r14 di dotnetframe. Program ini digunakan untuk :
    1. Mengganti/menukar Part yang Membawa Bolt / warna kuning, ke part yang lainnya
    2. Menambahkan Part untuk di baut.

    Memang ini sudah ada di standard tekla, tapi saya ringkas sedikit jadi tidak terlalu signifikanlah, tapi tujuannya untuk mengetahui manfaat dotnetframe di TEKLA. Dotnetframe bisa dipakai di Model ataupun di ShopDrawing, ataupun untuk membuat report, extrimnya sesuka kitalah.

    Cara kerjanya:

    1.Pick Bolt
    2.Pick Part

    Pada waktu pick part ternyata part tersebut yg membawa bolt, maka diabaikan, sedangkan yg bukan membawa bolt, maka part yg di pick tersebut akan dijadikan yg membawa bolt / warna kuning. Tetapi apabila part tersebut tidak masuk dalam bolt part, maka part tersebut akan ditambahkan menjadi bolt part.

    Cara memasukkan ke Macros :

    Di tools select Macros, isi nama macros terserah kita, record trus stop, ini hanya utk memancing saja. Pick nama macros tadi kemudian diedit : ganti semua yang ada dengan contoh program.

    Bagi temen-temen yg punya ide untuk di buatkan programnya,… mari qta sharing bareng2

    Selamat mencoba!!!!!

    Santo

    Contoh programnya : (jgn salah ketik/ copy saja)

    using System;
    using System.Collections;
    using TSM = Tekla.Structures.Model;
    using TSMUI = Tekla.Structures.Model.UI;
    using Tekla.Technology.Akit.UserScript;

    namespace Tekla.Technology.Akit.UserScript
    {
    //////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
    //Bolt Part Change //
    //A macro tool untuk menukar Bolt Part (warna kuning) ke part yang lain & Menambah Bolt Part //
    //Version : 1.0 / Sept 2008 / Supports Tekla Structures 14.0 //
    //Author : Santo (YAE Malaysia) / Technical Support & Steel Detailer //
    //Phone : +60147586 //
    //Email : kalom_steel@yahoo.co.id / santo2110@yahoo.com //
    //Pick Pertama : Bolt, Pick yang kedua : Part //
    //////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
    public class actionnya
    {
    //Construction
    public actionnya(TSM.BoltArray BoltArraynya)
    {
    BoltArraynya.Delete();
    BoltArraynya.Insert();
    BoltArraynya.Modify();
    }
    }
    class ListPartBolt
    {
    //Parameter
    public static TSM.BoltArray ModelObject_Bolt;
    public ArrayList ListPartnya = new ArrayList();
    //Construction
    public ListPartBolt()
    {
    if (ModelObject_Bolt.GetOtherPartsToBolt().Count > 0)
    {
    ListPartnya = ModelObject_Bolt.GetOtherPartsToBolt();
    }
    ListPartnya.Add(ModelObject_Bolt.PartToBeBolted);
    if (ModelObject_Bolt.PartToBeBolted.Identifier.ID.CompareTo(ModelObject_Bolt.PartToBoltTo.Identifier.ID) != 0)
    {
    ListPartnya.Add(ModelObject_Bolt.PartToBoltTo);
    }
    }
    }

    class Proses
    {
    //Parameter
    public static TSM.ModelObject ModelObject_Part;
    //Construction
    public Proses(ListPartBolt _ListPartBolt)
    {
    int i = new int();
    for (int xx = 0; xx 2) && (i 2) && (i == _ListPartBolt.ListPartnya.Count – 1)) //3/PartToBoltTo diclick
    || ((_ListPartBolt.ListPartnya.Count 1)
    {
    ListPartBolt.ModelObject_Bolt.GetOtherPartsToBolt().Add((TSM.Beam)ModelObject_Part);
    }
    xx = _ListPartBolt.ListPartnya.Count + 1;
    }
    i++;
    }
    }
    }

    class Program
    {
    public Program()
    {
    TSM.Model MyModel = new TSM.Model();
    try
    {
    bool error = false;

    TSMUI.Picker Pickn = new TSMUI.Picker();

    while (!error)
    {
    ListPartBolt.ModelObject_Bolt = (TSM.BoltArray)Pickn.PickObject(TSMUI.Picker.PickObjectEnum.PICK_ONE_BOLTGROUP);

    ListPartBolt Partnya = new ListPartBolt();

    TSMUI.ModelObjectSelector Selectnya = new TSMUI.ModelObjectSelector();
    Selectnya.Select(Partnya.ListPartnya); //Nyala Part yang di Bolt

    Proses.ModelObject_Part = Pickn.PickObject(TSMUI.Picker.PickObjectEnum.PICK_ONE_PART);
    new Proses(Partnya);

    new actionnya(ListPartBolt.ModelObject_Bolt as TSM.BoltArray);

    Partnya.ListPartnya.Clear();
    Selectnya.Select(Partnya.ListPartnya);
    Partnya.ListPartnya.Add(ListPartBolt.ModelObject_Bolt.PartToBeBolted);
    Selectnya.Select(Partnya.ListPartnya);
    MyModel.CommitChanges();
    }
    }
    catch { }
    }
    }

    public class Script
    {
    public static Tekla.Technology.Akit.IScript akit;
    public static void Run(Tekla.Technology.Akit.IScript akit_in)
    {
    new Program();
    }
    }
    }

  67. Bagi temen-temen yg mengalami kesulitan mencopynya, tulis alamat email di blog ini, nanti saya kirim / G R A T I S.

    santo

  68. Muantap bangeet Buat dotnetframe nya !

  69. Assalamu’alaykum

    Saya pemain baru di program ini…

    Tambah tertarik belajar Tekla karena gagal waktu tes programnya :(
    Jadi kalo teman2 ada punya referensi gambar konstruksi untuk latihan, bisa di share disini atau nanti saya minta via japri..

  70. pak santo

    tolong dong dikirim kealamat imel ini (deber_sht@yahoo.co.id) command trim,extent dan fillet tekla.14nya
    sebelumnya trimakasih

  71. Buat Mas Deber

    Sudah saya kirim command Extend, Trim, Fillet, Swap Handle dan Bolt Handle dalam penggunaannya di Tekla 14 dalam satu paket, selamat mencoba.

    Kalau ada masukan, itu yang saya harapkan untuk mengembangkan versi selanjutnya.

    trim

    santo

  72. Oya mas Deber,

    Swap Handle itu sudah ada di tekla 14, tp untuk merubah angle & channel, maka posisinya akan berubah, Jadi saya modifikasi supaya angle & channel posisi tidak berubah, hanya orientasinya yang berubah. Jadi secara kasat mata posisi tidak berubah sama sekali hanya point start dan endnya bertukar.

    trim

    santo

  73. thanks ya mas santo,

  74. assalamu’alaikum

    Pa Hadi
    kalo boleh usul, mungkin bisa share juga artikel mengenai dunia konstruksi dan pastinya yang berhubungan sama program tekla. Biar yang awam pun bisa mengikuti juga..

    Pa Santo’
    saya bisa minta juga command form-nya.
    kirim ke rizal7497@yahoo.com

    jazakaullahu khoir

  75. Salam kenal

    Saya baru belajar TEKLA beberapa waktu yang lalu sebelumnya saya memakai program SteelCad, saya mau bertanya dimana bisa mendapatkan panduan untuk belajar mengimport dari TEKLA ke StaadPro untuk desaining atau cara conection dari TEKLA ke Excel.

    Terima kasih

    Kundiarto ( KAB )

  76. saya punya pertanyaan yang sama dengan bpk kundiarto, mohon bantuan untuk jawaban pertanyaan tersebut….
    trima kasih
    Ario

  77. Baca aja HELP nya+latihan study kasus, GITU AJA KOK REPOT.

  78. bagi yg mau buku tekla/xsteel versi indonesia(bukan saduran dari help) hubungi aja bapak mutohar mobilphone=0817467796 beliau TRAINER TEKLA maupun PDMS, bukunya karangan beliau sendiri ,bukunya cukup mudah di pahami bagi level pemula maupun intermediate level.

  79. Beliau kalo enggak salah senior saya waktu kuliah dulu, mungkin ada yang mau ngelobi beliau supaya buku panduannya di share di blog ini? :-)

  80. untuk bung Rizal

    Permintaanya sudah sy kirim.

    Selamat mencoba

    Sukses!!!!!

  81. Pa santo

    emailnya sudah saya terima, nanti saya coba.

    thanks’

  82. Minal Aidzin Wal Faidzin ‘Mohon Maaf Lahir dan Batin’

    Waah.. makin mantab saja forumnya pak Hadi.. congrats!!!

    -Ajie-

  83. Mantabb juga deh buat p’ Aji…:-)
    Sukses

    Tks
    Hadi

  84. FYI …halaman ini kalo di print sudah 21 lembar…
    Lagian siapa juga yang gak punya kerjaan ngeprint ini halaman…ya… :-)

    Taqabalallah minna wa minkum, selamat berhari raya walau terlambat…sukses selalu untuk rekan2 semua.

    Tks
    Hadi

  85. MANTAP BLOGNYA PAK HADI PALING LARIS DI ANTARA BLOG2 INDONESIA LAENNYA YG MEMBAHAS TENTANG TEKLA !!!

  86. Untuk Mas Koend,

    Untuk panduan import dari StaadPro ke tekla sy ada tp itu juga download dari pak Hadi, alamat email mas Koend bisa sy minta nanti sy kirim. Tapi klo sebaliknya dari Tekla ke StaadPro mungkin pak Hadi bisa menjawab.

    Cara conection TEKLA dg Excel, sy blm pernah melihat panduannya, secara detail di Help, tp Mas Koend bisa baca di Environment Country-Independent directory exceldesign Tekla 14, format File PDF. Di Environment tsb sdh banyak contoh2nya dari pada versi sebelumnya. Setelah baca panduannya mas Koend pelajari, klo ada pertanyaan mungkin bisa di sharing di forum ini, jadi mari qta sharing bareng2 mengenai Connection di Tekla dg Excel sebagai media untuk input, calculation maupun outputnya. Mungkin sedikit sy tulis disini kata “Calculation” bisa saya ganti dg tidak ada calculation karena bisa diganti dengan table-tabel seperti Joint Standard. Mas Kun pasti tidak asing lagi dengan joint standard yang berbentuk tabel-tabel, itu semua bisa dimasukkan ke excel yang nantinya dibaca oleh Connection di Tekla. Jadi klo joint Standard di masukkan ke Excel, saya rasa kesalahan input joint bisa diperkecil. Connection disini bisa berupa System Component ataupun Custom Component.

    Selamat mencoba

    Santo.

  87. Tips Of The Day

    Untuk membuka properties suatu jendela (window) baik itu beam properties,colum properties atau panel concrete properties kadang kita merasa terlalu lama untuk menunggu jendela tsb terbuka.

    Hal tsb diakibatkan karena banyaknya informasi yang terkandung dalam properties-properties tsb. sehingga loading waktu yang dibutuhkan pun bertambah lama juga.

    Kita bisa mempercepat proses untuk membuka properties window tsb dengan cara :
    1. Click Tools
    2. Options -> Advanced Options
    3. Pada window Advanced Options pilih Analysis & Design.
    4. Di jendela kanan pilih XS_DISABLE_ANALYSIS_AND_DESIGN pada kolom value rubah variable FALSE menjadi TRUE.
    5. Restart Tekla.

    Sekarang membuka jendela properties akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.
    Semoga membantu, Saya akan posting tips yang lainnya pada kesempatan yang berikutnya.

    -ZeroCool-

  88. @ Kang Ajie…
    Terima kasih banyak sharing ya…mudah2han menjadi amal jariyah sebagai ilmu yang bermanfaat.

    @ Mas Koend…
    Setahu saya untuk import dari tekla ke staad saya belum pernah mencoba. Tetapi jika teklanya mempunyai feature design analysis nya. Sepertinya Tekla membuat file ***.std yang bisa dibaca oleh staadpro.

    Tks
    Hadi

  89. Assalamualaikum pak hadi…

    1.saya mau nanya pak, sebenarnya tekla itu dipakai untuk gambar/detailing sambungan saja ??

    2.apa tekla bisa melakukan analisis/pengecekan sambungan agar kuat menahan beban dan sesuai dengan aturan (misal AISC)??…

    3. apa fungsi tekla hanya untuk gambar saja??

  90. Wa’alaikumussalam warahmatullah Mas Ario

    1. Sebenarnya bisa digunakan untuk design analysis juga

    2. Bisa sekali terutama AISC baik yang ASD maupun LRFD

    3. Sudah pada no 1.

    Tks
    Hadi

  91. Pak hadi…
    terima kasih banyak atas jawabannya pak…
    oiya pak, mantep bgt blognya….setiap hari pasti saya selalu liat blog bapak.. .=)

    Thanks pak Hadi
    wasalamualaikum…

  92. Pak hadi…
    terima kasih banyak atas jawabannya pak…
    oiya pak, mantep bgt blognya….setiap hari pasti saya selalu liat blog bapak.. .=)

    Thanks pak Hadi
    wasalamualaikum

  93. kalo disurabaya.kira2 dimana saya bisa dapat buku PDMS buat level pemula?mkasih…..

  94. Assalamu’alaikum warahmatullah pak hadi….

    saya mau tanya tentang tekla pak….begini pak, saya sudah memodelkan struktur di program staad dan sudah mendapatkan gaya2 dalam dari struktur tersebut….
    untuk melakukan detailing sambungan pada struktur tersebut di tekla langka-langkah dan caranya gimana ya pak??…
    apa harus diimport dulu model staad-nya ke tekla ??
    tapi setelah di import ,apa tekla bisa baca besarnya gaya-gaya dalam pada struktur tersebut pak??
    misalkan tekla bisa baca gaya2 dalamnya, apa menu autoconnection bisa langsung dipakai dan sesuai syarat/peraturan AISC pak??…..

    mohon bantuannya ya pak Hadi…
    terima kasih

    Wassalamualaikum wr.wb….
    -Ario-

  95. Yth pak hadi….
    saya mau tanya pak, apa bpk bisa ngasih training/les ttg tekla pak??…kalau boleh saya mau blajar sama bapak, terus terang saya agak kesulitan belajar ttg tekla pak dan deadline skripsi saya semakin dekat pak…saya mohon sekali bantuan dan pencerahan dari pak Hadi…
    bapak bisa hubungi saya di email : hidayat_ario@yahoo.com atau telp/sms saya di no 0856 24791585 / 022 91503922

    Sekali lagi saya mohon sekali bantuannya pak hadi…..
    Wassalamu’alaikum wr.wb
    - Ario -

  96. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Wah Mas Ario keliataanya saya sudah enggak sempet lagi nih untuk minggu2 ini. Mungkin ada rekan2 yang bisa membantu? Kalo detailnya saya sendiri belum pernah coba check sambungan dengan tekla.

    Karena kebanyakan design drawing sudah menyediakan detail sambungannya seperti apa. jadi tinggal jalan aja.

    Tks
    Hadi

  97. Lebih baik Mas Ario merefer ke AISC-ASD untuk connection design saja. di situ banyak sekali contoh2 nya malah step by step untuk berbagau macam jenis sambungan baik shear moment dan lain sebagainya.

    Tks
    Hadi

  98. pak hadi,,
    maaf nih mau tanya lagi…
    pak, saya sudah bikin modeling struktur baja di staad, setelah di analyze ternyata ada profile yg rasionya diatas 1 (tidak aman), tapi kenapa staad gk ngasih saya profil baru yg aman y pak??….setahu saya staad otomatis ngasih tau profil yg ekonomis dan aman utk desain struktur baja…
    mohon pencerahannya pak..
    Terima kasih

    wassalamualaikum

  99. selamat sore pak hadi
    saya newbie neh
    mohon bimbingannya untuk belajar Tekla ya…
    BTW bgs juga link xsteel milisnya…saya jd lebih tahu lagi…..

    thanks

  100. loe2 pada ngapain sech ngributin tekla???
    kayak anak buah gua noh…..baru kerja di tempat gua 4 bulan….udah gua suruh ngerjain 1 bangunan ndirian….jago g tuch….dia nech cuma lulusan smk mikael solo…..tapi setelah gua training juga lansung bisa…..nech contohnya dari buat model sampe buat auto conection ndiri juga bisa noh….ngeluarin gambar n edit juga cepet…..jangan lupa beli dongle nya yang aslie…….

  101. bagi teman2 yg mo sharing dgn saya bisa contact s di Skype: ferry.subagja or YM: ferry_subagja@yahoo.com
    moga2 bisa saling tambah ilmu about Tekla….

    thanks guys

  102. salam kenal pak hadi…
    saya pengguna baru tekla (bljr otodidak) tp di tempat kerja agak sulit diimplementasikan karena lebih familiar dg autocad. bisa ga kasih sample konstruksi, itung2 bwt nglancarin??
    Thx.

  103. salam untuk semua komunitas

    ada yang tau ga dimana w bisa dapatkan buku panduan (autocad bentley ) ato ada yang punya bukunya ga dlm format (pdf)
    tolong dunk diimel ke(deber_sht@yahoo.co.id)
    satu lagi bisa ga import model dari bentley ke tekla1.0
    alnya w masih pake tekla 1.0
    klo ada yang tau leh dunk minta batuannya.

    trimakasih

  104. Hidup pak Soebalie!

    Kalo ada job bisa bagi2 dong pak!
    Btw saya pake Release14 bajakan lho pak
    gak kuku beli yang asli
    bagi2 info lowongan OIL & GAS di
    pendekar.tekla@gmail.com

  105. emang beda kalo bos soebalie yg omong
    jd keder jg neh he..he…
    happy new year guysss
    hope your dream come true

  106. Pak Hadi!!!!

    kalau ke Dubai ngajak2 dong!!!!!!!!

  107. Salam kenal semua..
    Saya baru kenal dengan software TEKLA,,, saya sangat tertarik dengan dunia steel detailer. Klo saya mo memperdalam ilmu TEKLA dmn bisa ikut kursusnya ya?
    Tq

  108. dear all.

    Met tahun baru semua, help me saya pendatang baru di bidang TEKLA, kebetula beberapa bulan yang lalu saya juga iktan LOUNCHING TEKLA-14 di Hotel SLIPI, tolong dong barangkali ada lowongan di malaysia,

    thanks,

  109. maaf, lupa nyantumin emailnya, thanks guys,,

    dedydamhudy@yahoo.com

  110. Ass Wr Wbr..

    Saya pendatang baru ,……….Salam Kenal aja,
    saya pemakai tekla tapi belum begitu experd, jd disini saya ingin ikutan gabung,……..saya hanya sharing aja nich… terutama masalah krisglob , kira – kira apakah TEKLAis masih bisa bertahan saya sekarang berada di Batam yang semakin hari semakin sepi aja………

  111. iya neh pak hadi ajak2 donk kalo ke dubai

  112. Gimana kabar pak santo ? gmn betah gak di YAE malaysia ?

    Regard’s

    Eng Dept
    Mc Connel BATAM

  113. Maaf pak saya mo nanya nich?……….
    beberapa yang menyangkut dengan steel conection,
    1. apa sih bedanya end plate 144 dengan two side end plate, saya kok agak bingung karena dua sambungan stell itu saya pake ga ada bedanya dari segi ukuran sama koordinat boltnya, apalagi saat di sambungan beam siku yang nyambung di coloumn

    mohon teman2 klo ada yang tau saya tolong di bantu.

  114. halo pak hadi!!!

    Ya Pak Hadi sdh mau wisuda, malah ada yg tidak sabar nunggu wisuda!!!

    Tp sayang sy skripsinya blm selesai jd blm lulus, dosennya pergi melulu, jd nunggu 2 ato 3 bln lg utk diwisuda!!! heeee

    Pak Hadi tau aja!!!! ada info ga pak hadi setelah sy wisuda? Ya apa aja dech namanya juga baru lulus!!

    Santo

  115. salam kenal buat teman2 semua, saya junior detailer Tekla, ingin menimba ilmu dari bapak2 semua terutama tentang bahasa pemrogramannya karena biasanya cuman operator he he he he, kalau ada info bagi2 ya di eko_ryant27@yahoo.com

  116. halooo pak, saya senior detailer di salah satu perusahaaan, namun kelemahan saya biasa bekerja cuman sebagai opertor, dulunya saya biasa bekerja pakai SAP200, ETABS, nah baru 2 tahun belakangan ini memakai TEKLA, saya ingin belajar tentang bahasa pemrogramannya misalnya untuk buat templatye dll, versi terakhir yang saya pakai 13.1, bagi yang berkenan bisa mengajarin saya tentang contoh2nya atau yang lain ebagainya bisa menghubungi saya di eko_ryant27@yahoo.com terima kasih,

  117. Ada yang mo informasiin gak… tentang lowongan di luar negri…. umur saya baru 26 dah dah bisa pake TEKLA 14.0 terutama bajakannya…. kalo ada info bagi ya di tunggu. di imel: chikaldkw@yahoo.co.id atau hp: 08999983480

  118. P’Santo,

    saya mo nanya apa betul p’Santo ex MURINDA Cikarang.
    tolong infonya atau saya minta alamat email.

    trims.
    eddy

  119. P’santo kalau mo kirim alamat emai
    keseni ya.(eddy2102@gmail.com)

  120. P’Santo
    kirim ke alamat ini,ya

    eddy2102@gmail.com

    trims,
    eddy

  121. pak soebalie,, makasih atas training dan kepercayaannya ngerjain 1 bangunan sendiri mulai dr puting member mpe ngecek juga meski belom teliti, pusing juga sih. hehehehe…..

    mungkin karna wejangannya,, jd mau ga mau harus bisa.hehe…
    mohon bimbingannya..

    btw,, yg dimaksud kerja baru 4bl siapa ya?? :-)

  122. Mas Santo,

    Punya manual untuk create macro enggak yah ?
    Boleh share kalo ada.

    Tks
    Hadi

  123. halo pak hadi!!!
    gimana kabarnya pak hadi…….
    saya mau nanya pak
    di tekla 14.0 saya mau drawing stair tapi smart select nya nggak mau mengklik wp (working point) gimana ya pak
    mungkin ada solusi….
    makasih
    deno

  124. Wah Den, aku enggak tahu jawabannya nih …

  125. Ada pak hadi, tp mau dikirim kemana nich!!!!!

  126. Untuk Pak Hadi,

    Pak hadi maksudnya macro disini macro yang mana ya? Soalnya di lingkungan temen2 macro bisa artinya system component / custom component. Tapi di tekla sendiri ada command Macros yang berisi hasil record command, yang bisa di kembangkan dengan dotnetframe. Klo manualnya dotnet frame ada, tp msh berupa list dari fungsi2 dotnetframe, menggunakan C#.

    Klo system component / custom component sy msh menggunakan manual dr tekla sendiri, jd ga ada yg lain sumbernya.

    trim

    Santo

  127. Untuk Teman2 detailer Indonesia!!!

    http://www.4shared.com/file/95416779/acc5ba65/dotnetframe.html

    Berisi Program aplikasi untuk Tekla Structure versi 14.0, untuk perintah Extend, Fillet, Trim, Swap Handle dan Bolt handle. Petunjuk pengoperasiannya ada didalamnya. Command ini mencoba mencontoh command dari autocad, dan mengharapkan command spt ini bisa dijadikan standard di tekla itu sendiri, karena akan sangat membantu sekali para user tekla.

    Maksudnya adalah bahwa Tekla Structure masih bisa dikembangkan sendiri, minimal untuk membantu kita bekerja.

    Lain waktu akan saya share program untuk mengedit part “User-Define Attributes” di Assembly Drawing (A), GA(G), ataupun Single Part(W) yg selama ini hanya bisa diedit di model. Ini barangkali sangat membantu untuk mengisi no gambar GA, supaya di shopdrawing dapat dibuatkan template untuk menampilkan no GAnya.

    Dan teman2 yg msh di Autocad, boleh juga tuh share Autolispnya

    Selamat mencoba

    Santo

  128. p’ santo kenal donk dengan pak harhadi. MURINDA (dulunya terkenal Haryadi BoCAD). saya juga ex murinda, ayah saya juga……….. dulunya satu lintingan dengan Pak. Thomas Sewu.

    pak. saya kalo ada borongan detail, bagi2 donk…… saya juga aja borongan nich sekarang…. trus kalo saya mo beli yang / rental license kemana hub siapa ke no berapa????? trims.

    Wida Eka Budi Prasetya

    08999982380 / 081360649100 / 085731160513

  129. salam kenal detailer indonesia

  130. Klo manualnya dotnet frame ada, tp msh berupa list dari fungsi2 dotnetframe, menggunakan C#.

    Keliatannya yang ini deh…kalo boleh share dong…

    Hadi

  131. Salam kenal semua, mohon pencerahannya. saya lagi ada proyek mendesain crane pedestal diatas barge, problemnya adalah contoh analisa struktur yg diberikan kepada saya adalah memakai StruCAD 3D, sedangkan saya biasanya memakai Staad. kalau saya perhatikan di inputnya, StruCAD bisa input Inersia load akibal percepatan barge, crane swing dan liftingnya sendiri. sedangkan ketika saya cari di Staad, saya tidak mendapatkan Variabel input untuk hal tersebut. Mohon solusinya, apakah saya yang keliru atau memang fasilitas tsb tidak ada. saya juga coba di tekla tapi hasilnya sama saja.

  132. Wah pak linknya mampus..
    upload lagi dong.

  133. Untuk Pak Hadi dan teman2!

    Sori pak hadi, setelah konsultasi dengan yg berwenang, ternyata hal tersebut tidak boleh di publikasikan, dan diperbolehkan di lingkungan yg punya licensi saja.

    Sori!!!!

    Santo

  134. alo mas santo…
    piye kbre????skrg ada di mana yach????
    boleh minta program untuk mengedit part UDA di GA, assy or single dwg????
    aku pake tekla 14.1 ori mas….

    thx a lot

  135. Halo Tekla-er ada lowongan di SEACAD Jakarta…
    Mau mau mau ?

  136. ?????????????

  137. salam kenal

    • Wah sm bang trisno mana org yg tdk kenal palagi ex bukaka,.. he he he, sy aja yg bukan ex bukaka kenal,.. eh salah tp mengenal, soalnya blm pernah kenalan!!!!!!! Salam kenal juga Pak trisno. Selamat Pulang kampung, ati2 di jalan, Solo jauh!!! Salam buat misdi!!!

  138. Sepiii pada kemana nih, woooiii where are u all ?

  139. Mas Santo,…..sori sebelumnya neh…..sya blm bisa masukin si wawan ke tempat saya,…..blm 2 taun katanya…..jadi yg di ambil ama si bos malah yang pada kabur dari malaysia….

  140. bang deno, ente kalo pake tekla 14.0 emang ada masalah kemaren gue beli yang terbaru 14.1 yang versi 15 blom nongol.
    ngomong2 PSP gue yang 2003 gue balikin (bermasalah) jadi gue ganti yang 3006 (mantab’s…banget)

  141. buat pak soebali,

    sayang gajinya kecil pak, coba kalo gajinya gede….pasti anak buahnya betah kerja. anak buah dibikin pinter tapi perut keroncongan mahh mana bisa tahann…

  142. Gmn kbar bang Olan?? wah,,, tambah sibuk aj neh,, bnyk job.

    jd pindah kos? daerah mn? cri yg dket skolah aj,,

  143. Tekla semakin Muantappp ! Mas Adjie kalo jualan software Tekla jangan mahal2 dong harga licensenya. di mangga dua aja cuma Rp.25.000

  144. pk hadi ,bisa gak file sap di eksport ke tekla. terimakasih atas jawabannya pk. untuk pk santo. salam kangen saya yuda. kang rusman titip salam, gimana kbrnya di malaysia.

    • salam kangen juga yuda,… wa’alaikum salam buat rusman!!! kbr malaysia sejauh ini msh biasa2 aja!!! aman terkendali

  145. ups sori nih tambah banyak …n gak kehandle lagi komen2 dari rekan…

  146. weks…..rame jg yach????…..

    coba di List doloe akh….( via YM )
    1. kalom_steel
    2. ferry_subagja
    3.
    4.
    dst

    Mohon para sesepuh bs saling mengisi..
    agar silahturahmi makin erat..

    Peace guys….

  147. Tolong kalau ada yang bisa, kasih tahu caranya membuat baut tangga pada tower pln, tanpa ada profil yang lain untuk di baut. terimakasih
    dno_bae@yahoo.co.id
    PT. KARYA LOGAM AGUNG
    021-94994363

  148. Gue masukin jadi sesepuh donk…ditempat gw ada lowongan mau ga? tapi buat senior…..

  149. bos cara ngimpor data di tekla si gimana

  150. wah ternyata saya telat mengikuti blog ini, baru tau sekarang? salam kenal semua, wah pengen belajar tekla nich….

  151. mas..mas yang ada di forum ini…ada yang bisa ngasih tutorial buat template mulai dari export drawing ampe set ke layoutnya x stell???wah dari dulu q belum bisa-bisa…trimakasih banyak

  152. saya seorang newbie. Saya ingin mendownload tekla v10, ada yang punya linknya?terima kasih bantuannya…

  153. salam knal pak. aku mau nanya pak….gimana caranya hasil dr tekla waktu print ke dwg hasil dr dimensi ngak pecah2(ungroup) makasih

  154. assalamu’alaikum.. mas santo, masih kenal sama saya yang kemarin2 dapat DL ke CES sama rekan saya wandito..
    gmna kabarnya?

  155. saya lagi butuh buku panduan tekla yang bhs.indonesia, beli di mana ya??..Trus kira2 harganya berapa’an….tolong dong bantuu

  156. maaf salam kenal…saya dari PT.BANGUN SARANA BAJA…mo belajar gambar pakai tekla

  157. Mohon bantuannya,,saya asmar lagi mempelajari Tekla ,,saya sudah melakukan permodelan kemudian melakukan analisis di Staad Pro,,gaya- gaya dalam udah muncul dan diterima ditekla,,namun saya bingun untuk menganalisis tulangannya pada tekla mohon bantuannya,,,,,,

  158. Salam kenal semuanya……..,
    Buat teman2 teklaers yang butuh jasa FABRIKASI DAN ERECTION struktur konstruksi baja berat bisa kunjungi blog di bwh ini. Mungkin ada job2 sampingan, kita bs saling membantu yang pst akan saling menguntungkan. Harga bs bersaing dengan perusahaan yang lain. sebagai infomasi, perusahaan kami telah terbiasa dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek2 konstruksi baja. kalau mau survei workshop bisa hubungi no hp di bawah ini atau mungkin butuh company profil akan di email ke tmn2.
    Thks….salam sukses

    http://jasa-fabrikasi-instal-konstruksi-baja.blogspot.com/

    atau bisa hubungi saya :
    yonny (0812 1964 7403), email : yonny.eng01@gmail.com atau
    afriato (0852 4862 3070), email : afrianto.pm55@gmail.com

  159. Dear All,

    PT. BAS ADALAH PERUSAHAAN KONTRAKTOR YANG BERGERAK DI BIDANG JASA ENGINEERING, FABRIKASI DAN ERECTION STRUKTUR KONSTRUKSI BAJA SECARA GLOBAL. Kami telah terbiasa dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek konstruksi baja seperti conveyor system, piping, workshop, gedung, dan konstruksi-konstruksi lainnya dengan memiliki SDM yang ahli dalam bidangnya masing-masing, dengan memprioritaskan KUALITAS dan SCHEDULE.

    KAMI melayani JASA ENGINEERING, FABRIKASI dan ERECTION STRUKTUR KONSTRUKSI BAJA, TERMASUK PEKERJAAN ELECTRICAL. Workshop berlokasi di daerah Jakarta Barat (luas 1000 m2) dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap yang sangat mendukung pekerjaan produksi. HARGA BERSAING. THANKS ALL.

    Salam Sukses,
    PT. BAS
    Afrianto (0852 4672 3070),
    yonny (0812 1964 7403, PIN BB : 261A 709D)

    http://jasa-fabrikasi-instal-konstruksi-baja.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: